Skip to main content

HIJAB YANG SYAR’I?? RIBET?!


Mungkin kita sering ngeliat zaman sekarang buanyak banget para wanita yang sudah mulai berjilbab daaan itu merupakan sesuatu fenomena yang bagus tentunya, kenapa?? karena dengan begitu kewajiban mereka sudah bisa dilaksanakan dengan baik, tapii… banyak banget juga kekurangan-kekurangan yang terjadi didalamnya, salah satunya meski sudah berkerudung/berhijab tetapi belum syar’i. 

Meskipun masih banyak wanita yang belum memakai hijab secara syar’i, tetap saja hal itu merupakan suatu perubahan yang amat baik karena bukanlah sebuah hal yang mudah bagi seorang wanita yang tadinya kesehariannya nyaman dengan rambut tegerai tiba-tiba harus ditutupi karena kodrat dan kewajiban yang sudah ditentukan oleh agama.

Dengan maraknya fenomena hijab yang menjadi fashion style saat ini, banyak wanita yang menjadi korban style hijab. Korban? Maksudnya apa?? maksudnya yaitu hanya menjadikan hijab sebatas style/fashion untuk penunjang penampilannya. Padahal seharusnya tidak seperti itu, seharusnya seorang wanita atau muslimah itu memang berhijab sebagai tanda keimanannya kepada Allah swt, bukan karena sekedar ikut-ikutan gaya apalagi untuk penunjang penampilan yang hari ini pakai, besoknya engga. Nah, hal inilah yang menjadi permasalahan para muslimah saat ini. Oleh karena itu, menurut saya jika ada perempuan yang masih berpenampilan seperti itu jangan dicemoohkan, apalagi sampai dikatai sok cantik, sok alim, sok muslimah dan sebagainyaaa,, dan buat para muslimah yang memang sudah mengerti dan faham makna dan urgensi berhijab janganlah menjauhi muslimah-muslimah yang masih pemula itu, justru itu menjadi PR buat para muslimah hijabers untuk mengarahkan para sahabat wanita agar tetap berhijab dan lebih syar’i lagi. 

Banyak yang bilang kalau berhijab syar’i itu ga seru, ga modis, kurang cantik de es be lagii. eeh siapa bilang? bisa loh kita memakai hijab yang syar’i tapi tetap modis, secaraa gitukan, model kerudung jaman sekarang udah buanyakk banget macam-macam motif dan warnanya. Jadi tinggal para muslimah pintar-pintar mengkombinasikannya dengan pakaian yang digunakan dan ingat! hijabnya Tetap Syar’i *smile*

Dari tadi ngomong terus syar’i syar’i. Maksudnya SYAR’I itu apa siih??

Yang dimaksud syar’i itu yang sesuai dengan Syariat Islam

kok ribet banget sih, pake kerudung aja udah susah, pake segala ada aturan kerudungya? *tepok jidat*

Wahai sobat muslimah, percayalah bahwa segala aturan yang diberikan oleh Tuhan kita itu adalah sesuatu yang bukan membuat hidup kita semakin sulit, justru membuat semuanya lebih MUDAH. Hanya saja, kitanyalah yang sering mebuat aturan itu menjadi sulit. betul? *betoool

Terus pakai hijab yang syar’i itu seperti apa toh?

Nah, ini dia yang masih harus diperjelas dan disebarkan secara masif untuk para sobat muslimah semua yang masih awam dengan aturan-aturan hijab. Karena sesuatu hal yang amat disayangkan kalau kita menggunakan hijab tapi kita melakukannya dengan asal-asalan. Ibaratnya kita melakukan sesuatu tapi kita tidak tahu ilmunya. Amat sayang, karena balasan yang akan kita dapatpun tidak akan sebaik menggunakan hijab yang syar’i.

Oke, ini adalah beberapa picture tentang berhijab dan berbusana muslimah yang dianjurkan Allah dan Rasulnya, yang saya kutip dari sebuah komunitas muslimah yaitu Peduli Jilbab :



Nah, kalo yang ini picture dari Al Fath Studiosnya Ustd. Felix Siauw



     Nah, kalo kita liat gambar diatas, mungkin banyak yang berpikir, itu jilbabnya model kuno yah? ga bermode ah atau mungkin kalian berpikir ga gaul?? Siapa bilaaang.. kerudung/hijab hanya contoh yang hijab simple yang tetap syar’i tapi kita bisa membentuknya dengan model-model yang lain, karena intinya hijabnya itu harus menutupi dada dan tidak tipis/transparan.

gaboleh transparan? harus panjang? Tapi kan jilbab sekarang kebanyakan jilbab paris yang kalo dipake tipis dan transparan?

Nah untuk mengatasi pertanyaan diatas, tentu pastinya setiap masalah pasti ada solusinya, win win solution .. yaitu hijab paris yang kita kenakan di dobel 2 (dua).

Terus gimana sih caranya didobel, gimana gimana?? ini dia niih, picture tutorialnya


“Ah ribet ah, nanti aja.. lagian belom pantes lah aku mah berhijab, kalo kata orang mah hijabin aja dulu hatinya baru nanti hijab aslinya, nanti kan malah ga bener jadinya” 

gimana para muslimah? masih suka denger yang begituan? waah nanti begini jadinya…






Naah gimana? ngeri kaaan? makanya kata Ustad Felix Siauw…


Ayoo Sobat Muslimah, from now on, let’s start buat menutup aurat, tutupi mahkota indah kita dengan hijab, karena dengan berhijab banyak juga manfaat yang dimilikinya


Jadi jangan ragu lagi para wanita cantik diluar sana, ambil hijabmu sekarang! dan tutupi auratmu sebagai tanda bukti cinta dan tanggung jawab kita terhadap Allah swt :)



Buat para wanita yang mungkin masih bimbang, galau dan butuh lebih banyak lagi nih referensi tentang “kenapa sih harus berhijab?”. Bisa nih dibaca buku yang satu ini, karangan Ustad Felix Siauw yang asikk buanget dibaca buat para wanita terurama remaja-remaja saat ini, judulnya YUK BERHIJAB!


Sekian dulu sobat, sist, ukhti.. Arigatou Gozaimasu, see u later ;)




`Hilyah Nafisah

Comments

POPULAR POST

Surat Cinta Untukmu Ukhti ...

HANYA BERSAJAK

SEMBURAT ISI HATIKU, BU...

Dua Perempuan Dibangku Taman